Rabu, 21 Maret 2012

kelemahan dan kelebihan internet

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan.
Node bisa berupa komputer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone), yaitu media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit. Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet.
Berikut ini saya terangkan beberapa keunggulan dan kelemahan Internet.

Keunggulan Internet

Konektivitas dan Jangkauan Glogal
Dalam Internet, jaringan yang terjalin bersifat blobal tanpa mengenal ruang, waktu, dan birokrasi, dimana akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler.
Misalnya Anda membutuhkan referensi dan sumber informasi untuk kebutuhan riset, maka akan dijumpai berbagai sumber dan informasi dalam  Internet secara global tanpa harus mendatangi sumber dan informasi tersebut. Disamping itu, apabila Anda pelaku bisnis dan akan menginformasikan produk Anda, maka Internetlah sebagai salah satu bentuk promosi kepada pengguna di seluruh dunia. Lebih jelasnya, hampir seluruh kebutuhan informasi tersedia di Internet dengan jangkauan global tanpa batas-batas negara.
Akses 24-jam
Akses di Internet tidak dibatasi dengan waktu, karena dimanapun dan kapanpun dunia maya (akses Internet) tidak pernah terlelap tidur. Perbedaan zona waktu dan ruang tidak dikenal dalam menjelajah Internet. Misalnya Anda sedang mengakses Internet di Indonesia, maka di belahan dunia lain (misalnya Amerika) sedang giat-giatnya bekerja, demikian juga sebaliknya.
Kecepatan Internet
Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di Internet menjadi salah satu pertimbangan pengguna dalam menggunakan Internet. Pencarian informasi menggunakan Internet jauh lebih cepat dibandingkan dengan pencarian secara manual. Anda cukup klik pada salah satu icon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah Anda dapatkan.
Interaktivitas dan Fleksibilitas
Dalam dunia Internet, komunikasi dengan pengguna di belahan dunia dapat Anda lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang Anda lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas Chatting. Disamping itu, Anda dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat ikomunikasikan dengan pengguna lain.

Kelemahan Internet

Ancaman Virus
Salah satu masalah dalam dunia Internet adalah ancaman virus yang selalu berkembang seiring perkembangan dunia komputer maupun perkembangan Internet itu sendiri. Berbagai macam virus telah berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar melalui jaringan global Internet, baik lewat E-mail maupun file-file yang di download.
Ketergantungan pada Jaringan
Fasilitas jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP (Internet Service Provider) menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet. Apabila Anda mengakses Internet Dial-up, maka kenaikan tarif pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses Internet.
Selain itu saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap waktu akses Internet dan biaya akan lebih mahal. Disamping itu terbatasnya Bandwidth sistem transimi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses Internet dalam waktu yang bersamaan akan mempengaruhi akses Internet.
Selain itu, masih banyak lagi keunggulan maupun kekurangan dari Internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar